Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Gegap gempita mudik lebaran 1 Syawal 1443H di rasakan oleh seluruh masyarakat Kota Malang. Mengingat sudah dua tahun belakangan ini, kegiatan rutin mudik bagi masyarakat di tangguhkan mengingat kala itu laju penyebaran Virus Covid-19 masih sangat tinggi. Sehingga pemerintah tidak merekomendasikan pelaksanaan mudik bagi masyarakat.

Berbeda dengan 2022, dimana pemerintah melakukan beberapa relaksasi salah satunya adalah mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan mudik lebaran dengan beberapa syarat, yang telah di tentukan yakni penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi booster.

Di Kota Malang dalam menjamin pelaksanaan mudik tetap sehat, aman, dan lancar, Polresta Malang Kota bersama instansi terkait pada Operasi Ketupat Semeru 2022, mendirikan beberapa pos pengamanan, pos pelayanan, termasuk pengintensifan Patroli Pemukiman bagi rumah-rumah yang di tinggal mudik pemiliknya.

Guna menghindari tindak pidana pencurian rumah kosong, di lakukan antisipasi oleh personel Polresta Malang Kota bersama instansi terkait dengan melakukan Patroli Pemukiman, seperti yang di lakukan oleh Aiptu Puji Laksono, anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing bersama Babinsa Kelurahan Purwantoro, Serma Hendra Irawan dan pihak keamanan setempat.

Kegiatan Patroli di laksanakan di jam-jam rawan menyisir setiap jalan dan gang pada RW 7 sampai RW 14 Kelurahan Purwantoro, guna memastikan situasi keamanan setempat dalam keadaan aman dan kondusif mengingat sebagian besar rumah-rumah pada kawasan tersebut di tinggal mudik pemiliknya.

“Sesuai arahan Bapak Kapolresta Malang Kota, agar para Bhabinkamtibmas dengan bekerja sama dengan Babinsa dan pengamanan dari masyarakat untuk melaksanakan patroli pada Pemukiman, yang di tinggal mudik pemiliknya. Di Kelurahan Purwantoro kami meningkatkan intensitas Patroli Pemukiman, guna menghindari atau mencegah terjadinya tindak pidana seperti pencurian rumah kosong, curanmor, dan tindak pidana lainnya,” tutur Aiptu Puji, Rabu (4/5/2022).

Berkaitan dengan giat patroli tersebut, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si mengungkapkan, jika pada Operasi Ketupat Semeru 2022 ini, selain mendirikan beberapa pos pengamanan dan pelayanan di beberapa tempat, pihaknya juga meminta mendata rumah warga.

“Ya, kami juga meminta Bhabinkamtibmas untuk mendata rumah-rumah di wilayahnya yang di tinggal mudik pemiliknya, guna kita lakukan penjagaan dan pelaksanaan Patroli Pemukiman, yang mana tujuannya menghindari tindak pidana, sehingga masyarakat yang mudik tidak merasa was-was rumahnya di tinggal mudik,” tandas Kombes Pol. Buher. (And)

Share: