by

Sinergitas TNI-Polri, Maksimalkan Pengamanan Malam Takbir

MALANG NEWS – Dalam rangka guna memastikan dan memberikan keamanan serta kenyamanan bagi warga masyarakat yang melakukan Takbir keliling, Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, S.I.K., M.Si, Dandim 0818 Malang-Batu Letkol Inf  Taufik Hidayat, Kasatlantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani, S.I.K, Kasi Humas Polres Batu Iptu Ivandi Yudhistiro, Kanit Regident Polres Batu Iptu Wiwit Mariyanto beserta dinas terkait, melaksanakan giat pengamanan malam Takbiran menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Giat yang diselenggarakan di Pos Satlantas M.90 sekitaran Alun-alun Kota Batu tersebut turut, bentuk sinergitas TNI-Polri bersama unsur terkait dan elemen masyarakat maupun ormas lainnya, beserta Dishud dan Satpol PP Pemerintah Batu, pada Minggu (1/5/2022) malam.

Dalam wawancara singkatnya, Kapolres Batu I Nyoman Yogi Hermawan, S.I.K., M.Si menjelaskan, jika suasana malam Takbiran dan arus lalu lintas sejauh ini terpantau lancar, aman dan kondusif.

“Alhamdulillah sampai saat ini pukul 22:00 WIB terpantau aman, lancar dan kondusif. Dari sore hingga malam ini seluruh personel gabungan, baik TNI maupun Polri, melaksanakan pengamanan termasuk juga patroli ke sentra-sentra tempat keramaian masyarakat, perbelanjaan dan juga tempat-tempat ibadah,” terang AKBP Yogi kepada awak media.

Pihaknya juga mengedukasi masyarakat, sekaligus mengimbau agar tidak melakukan takbir keliling.

“Ya, karena menimbulkan kerumunan yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19. Hingga saat ini masyarakat sangat kooperatif tidak ada yang melaksanakan takbir keliling di jalan raya, hanya melaksanakan takbir tersebut sebatas di masjid dan mushola setempat,” tegasnya.

Meski begitu, AKBP Yogi mengungkapkan, jika personel juga akan fokus melaksanakan pengamanan Sholat Ied yang dilaksanakan di beberapa titik di Kota Batu.

“Semoga dapat berjalan dengan aman dan kondusif. Dibeberapa daerah khususnya di desa-desa ada warga masyarakat yang melakukan takbir keliling, namun tetap kami imbau secara persuasif dan humanis, agar tetap menerapkan prokes dan tidak melaksanakan takbir, hingga masuk ke jalan protokol. Karena takbir tersebut hanya boleh dilaksanakan di sektor-sektor atau di jalan-jalan desa setempat saja,” tukas AKBP Yogi.

AKBP Yogi menambahkan, pihaknya menerjunkan 395 personel gabungan dari unsur TNI-POLRI dan berbagai elemen mauoun organisasi masyarakat

“Dalam kegiatan pengamanan ini kami juga tetap melaksanakan hingga 10 Mei, untuk antisipasi lonjakan arus mudik dan arus balik,” tambahnya.

Sementara itu, Letkol Inf. Taufik Hidayat selaku Dandim 0818 Malang-Batu menyampaikan, bahwavTNI akan sinergi dengan Polri serta seluruh jajaran terkait untuk membantu Harkamtibmas di Kota Batu.

“Kami dalam hal ini TNI, akan all out membantu semaksimal mungkin, tujuannya agar tercipta situasi yang kondusif,” ujar Letkol Taufik.


Terpisah, Kasatlantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani, S.I.K menegaskan, jika Satlantas Polres Batu khususnya dan Polres Batu pada umumnya, serta seluruh instansi terkait bahu-membahu melakukan pengamanan di semua titik-titik maupun jalur kepadatan arus lalu lintas menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

“Seperti pusat-pusat perbelanjaan maupun tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Tadi kami menemukan beberapa warga masyarakat yang melakukan takbir keliling hampir masuk ke jalan protokol. Selanjutnya kami imbau untuk kembali masuk ke jalan-jalan desa setempat, sekaligus surat pernyataan agar melakukan takbir tetap di jalan desa-desa saja,” papar AKP Indah.

Berkaitan dengan takbir keliling yang dilakukan di jalan raya tersebut, pihaknya mengaku, jika sempat mengamankan beberapa kendaraan karena sudah melebihi jam malam.

“Karena mereka masih membunyikan sound systemnya dengan keras dan kencang. Selanjutnya kami ambil tindakan tegas untuk membuat surat pernyataan, serta kami imbau agar tidak melakukan takbir keliling di jalan protokol, akan tetapi cukup di dalam desa saja,” tandas Kasatlantas Polres Batu, AKP Indah Citra Fitriani. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed