by

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Satresnarkoba Polres Batu Lakukan Tes Urine Puluhan Sopir Bus dan Angkot

MALANG NEWS – Puluhan pengemudi bus di Terminal Kota Batu, mengikuti tes urine sebagai upaya mencegah penyalahgunaan narkoba saat perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri 2022.

Tes urine digelar oleh Satresnarkoba (Satuan Reserse Narkoba) Polres Batu kepada puluhan pengemudi bus yang dipilih secara acak di Terminal Kota Batu, Selasa (26/4/2022).

Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, S.I.K., M.Si melalui Kasatresnarkoba Polres Batu AKP Achmad Zainuddin, SH., MM menjelaskan ada puluhan sopir dari berbagai PO yang terpilih untuk dilakukan tes urine di lokasi dan akan dilakukan secara periodik.

“Sejumlah 64 pengemudi bus dan angkot yang di tes urine, hasil tes semua negatif dan tidak diketemukan yang mengandung zat Amphetamine,” terang Pak Zai, panggilan akrab Kasat Narkoba Polres Batu.

Pak Zai mengatakan, jika pelaksanaan tes urine dilakukan bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas selama masa mudik lebaran.

“Contoh salah satu penyebab kecelakaan diakibatkan dari kelalaian sopir bus yang mengkonsumsi narkoba, atau obat-obatan terlarang. Diharapkan sopir saat mengendarai bus selalu terpantau sehat dan penumpang aman dan nyaman,” ujarnya.

AKP Zainuddin menambahkan, tes urine bagi sopir bus dan sopir angkot di kawasan Terminal Kota Batu akan terus dilakukan secara acak dan tak terduga, sehingga mudik lebaran berlangsung aman, nyaman dan lancar.

“Jika ditemukan hasil tes urine yang positif, yang bersangkutan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan kami akan langsung memanggil PO bus agar diminta mengistirahatkan sopir atau kondektur yang terindikasi positif,” tegasnya.

Selain melakukan tes urine, pihaknya juga memasifkan bahwa pelaksanaan vaksinasi penguat kepada calon penumpang yang ingin menggunakan jasa angkutan bus.

“Vaksinasi akan terus kami lakukan, agar supaya penyebaran virus Corona atau Covid-19 bisa dicegah,” pungkasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed