Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Pemerintah akhirnya telah memperbolehkan mudik Lebaran tahun ini, tak ayal Satlantas Polres Batu yang bekerja sama dengan Dishub Pemerintah Kota Batu, Satpol PP dan instansi terkait lainnya, kini telah melakukan pola-pola guna mengantisipasi lonjakan arus mudik maupun arus balik nantinya.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Satlantas Polres Batu adalah dengan  mencarikan jalur alternatif dan pengalihan arus di beberapa titik, hal ini dikandung maksud untuk mengatasi lonjakan arus kendaraan yang akan melewati Kota Batu.

Kasat Lantas Polres Batu, AKP Indah Citra Fitriani, S.I.K., M.Si menjelaskan, bahwa guna mengantisipasi arus mudik maupun arus balik Lebaran tahun ini, Satlantas Polres Batu bersinergi dengan stakeholder yang lainnya melakukan uji coba pengalihan arus dan sosialisasi jalur alternatif.

“Kami bekerja sama dengan Dinas terkait yang diantaranya TNI, Dishub dan Satpol PP Pemkot Kota Batu guna melakukan pola-pola untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443H,” terang Kasat Lantas Polres Batu kepada awak media, Kamis (21/4/2022).

Pihaknya menyebutkan, bahwa ada beberapa titik yang hari ini akan dilakukan uji coba pengalihan arus lalu lintas.

“Ya, diantaranya adalah di Alun-alun Kota Batu, Pertigaan Bendo, Pertigaan Pendem, Pertimbangan TMP dan juga Jalan Dewi Sartika,” ungkapnya.

Berkaitan dengan giat tersebut, AKP Indah juga memberikan penjelasan, bahwa diperkirakan puncak arus mudik Lebaran tahun ini pada tanggal 28,29 dan 30.

“Sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas. Maka dari itu, kami juga memberikan himbauan kepada para pemudik, agar melaksanakan mudik lebih awal supaya terhindar dari kemacetan serta tetap mentaati Protokol Kesehatan,” himbau AKP Indah .

Dengan dilakukannya uji coba pengalihan arus di beberapa titik, pihaknya berharap, dapat mengurangi kemacetan.

“Itu baik disaat arus mudik maupun arus balik nantinya,” pungkas AKP Indah. (Yan)

Share: