by

Amankan Perayaan Jumat Agung dan Paskah, Polresta Malang Kota Libatkan ED dan TRUDEL

MALANG NEWS – Perayaan Jumat Agung dan Hari Paskah bagi umat Kristiani di Kota Malang dirayakan secara khidmat dan aman. Semua tak terlepas dari rencana pengamanan yang telah di susun oleh Polresta Malang Kota dengan bekerjasama dan kolaborasi dengan unsur pengamanan lainnya yakni dari TNI, Dishub, Pol PP dan elemen masyarakat Kota Malang.

Guna menjamin rasa aman bagi umat Nasrani Kota Malang dalam merayakan Paskah 2022, Polresta Malang Kota turut mengerahkan unit K9 Sat Samapta, guna melakukan sterilisasi di beberapa gereja di wilayah Kota Malang.

ED dan TRUDEL adalah anjing dengan kualifikasi pelacakan bahan peledak yang sarat pengalaman, utamanya dalam melakukan tugas serupa yang sengaja di libatkan dalam kegiatan pengamanan tersebut.

Sterilisasi yang dilakukan pada gereja-gereja, bertujuan untuk menjamin rasa aman dan nyaman umat Nasrani yang hendak melakukan ibadah pada perayaan Paskah 2022.

Sebelum melakukan sterilisasi, Aiptu Imam selaku Katim Sterilisasi Unit Satwa K9 Sat Samapta Polresta Malang Kota memimpin pelaksanaan sterilisasi. ED, seekor anjing jantan dari ras Belgian Malinois yang dikerahkan oleh Unit K9 Polresta Malang Kota, bertugas mencari barang yang mencurigakan utamanya yang mengandung unsur bahan peledak yang membahayakan baik di area luar maupun dalam gereja.

Dalam pelaksanaannya, ED yang lahir pada 2 April 2014 ini merupakan seekor anjing yang sebelumnya bertugas pada Densus 88 AT. 

Saat melakukan sterilisasi ED didampingi Aiptu Imam selaku pawang dan Briptu Luqman sebagai tim dokumentasi. Selain menugaskan ED untuk melakukan sterilisasi, Unit K9 juga membawa TRUDEL berjenis kelamin betina dari anjing ras Labrador dengan kualifikasi bahan peledak juga sebagai cadangan.

Selama melakukan sterilisasi, ED bekerja dengan sangat pintar. ED tidak menemukan barang yang mencurigakan atau benda yang membahayakan disetiap sudut area.

“ED ini sangat pintar dan bisa diajak bekerjasama dengan baik. Selama ED bekerja tadi, kami tidak menemukan barang ataupun benda yang mencurigakan di seluruh area Gereja. Jadi, semuanya aman,” terang Aiptu Imam, Sabtu (16/2022).

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si menginstruksikan kepada anggotanya untuk mengoptimalkan semua potensi pengamanan yang di miliki oleh Polresta Malang Kota.

“Ya, termasuk pelibatan K9 Sat Samapta guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Kota Malang yang merayakan paskah tahun ini,” ungkap Kombes Pol. Buher sapaan akrabnya.

Diakuinya, jika pihaknya memiliki Unit K9 Sat Samapta dengan satwa anjingnya yang sangat sarat dengan pengalaman.

“Karena selama ini telah banyak melakukan penugasan sterilisasi ke tempat – tempat ibadah, pencarian korban erupsi gunung Semeru, maupun deteksi narkoba,” tandas Kombes Pol. Buher. (And)

Bagikan Tautan

News Feed