Ikuti Kami di Google News

MALANG NEWS – Masyarakat Indonesia sudah hampir tiga tahun berada dalam situasi Pandemi Covid-19. Seluruh aktivitas dan siklus kehidupan serta perekonomian terdampak. Berkaitan dengan hal itu, pemerintah terus mengupayakan secara maksimal untuk merubah pandemi menjadi endemi, dimana salah satunya dengan percepatan program vaksinasi guna menciptakan kekebalan komunal di masyarakat.

Polresta Malang Kota melakukan sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Kota Malang, serta instansi terkait untuk memaksimalkan program vaksinasi agar mencapai target terlebih akan menyambut mudik lebaran 2022.

Bertempat di Polkesma Kota Malang digelar vaksinasi massal dosis 1,2, dan 3 dengan di tinjau secara langsung oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol. Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, S.H., M.H bersama Pejabat Utama Polda Jatim, Kapolresta Malang Kota serta Forkopimda Kota Malang.

Wakapolda Jawa Timur beserta jajaran yang hadir disambut hangat oleh Kapolresta Malang Kota dan Forkompinda Kota Malang. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Walikota Malang, Danrem 083, Dandim 0833, Ketua Satgas Jawa Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dan instansi lainnya.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol. Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, S.H., M.H dalam kunjungan kerjanya menyampaikan pesan dari Wakapolri, terkait dengan harapan percepatan vaksinasi di Indonesia termasuk di kota Malang.

“Program vaksinasi ini merupakan PR besar bagi kita semua khususnya dengan target para lansia. Perlu kita pahami, bahwa vaksin sangat memiliki dampak yang baik bagi kita semua karena tujuannya adalah diharapkan setidaknya bisa melindungi masyarakat dan menambah imun, serta yang paling penting adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutur Wakapolda Jatim, Kamis (7/4/2022).

Sejak program vaksinasi dikeluarkan oleh pemerintah pusat, sejak saat itu pula Pemerintah Kota Malang yang bersinergi dengan Polresta Malang Kota serta instansi terkait lainnya, berusaha keras semaksimal mungkin menggencarkan pelaksanaan vaksinasi.

Upaya yang dilakukan oleh pihak terkait telah berbuah manis, karena setiap harinya angka kasus Covid-19 di Kota Malang semakin menurun dan angka penerima vaksinasi semakin meningkat.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si yang hadir juga menyampaikan, bahwa seluruh pihak akan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap mengagendakan program vaksinasi termasuk di bulan Ramadan.

“Program vaksinasi ini sangat penting bagi kita semua. Kita harus paham guna dari vaksin itu yang pertama adalah untuk menjadi perisai diri dari dalam, dan yang kedua dibalik itu ada dokumen yang diperlukan seperti pada aplikasi PeduliLindungi, sedangkan perisai kita dari luar adalah menerapkan prokes secara konsisten,” ucap Kombes Pol. Buher, sapaan akrabnya.

Mantan Kapolres Batu ini menambahkan, jika pada awal bulan Ramadhan ini, pemerintah pusat telah menyalakan lampu hijau untuk arus mudik.

“Maka dari itu Polresta Malang Kota yang berkolaborasi dengan TNI dan Pemerintah Kota Malang, akan menyediakan Pos Pam dan Pos Yan sebagai wujud abdi kepada masyarakat. Selain itu tidak menutup kemungkinan untuk disediakannya vaksin on the spot, karena animo masyarakat yang besar dalam agenda mudik,” imbuhnya.

Upaya pemerintah untuk mengubah pandemi menjadi endemi, lanjut Kombes Pol. Buher, tentunya menjadi tugas bagi Polri dan instansi lainnya untuk tetap memberikan peringatan kepada masyarakat, terkait pentingnya menjaga protokol kesehatan.

“Kami menghimbau agar masyarakat jangan terlalu euforia yang berlebihan, sehingga lupa bahwa sebenarnya Covid-19 masih ada,” tegasnya.

Pihaknya juga mengingatkan, agar masyarakat saling menghormati terhadap masyarakat lainnya yang melaksanakan ibadah puasa.

“Ya, selain itu kepada masyarakat juga jangan membuat kegiatan yang melanggar Kamtibmas,” tandasnya. (And)

Share: