by

Peduli Anak Yatim dan Kaum Dhuafa, MPC PP Kota Batu Gelar Santunan

MALANG NEWS – Dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Batu, menggelar kegiatan acara santunan anak yatim dan kaum duafa, pada Minggu (27/3/2022).

Sebanyak 200 orang, yang terdiri dari 120 anak yatim dan 80 janda dhuafa mendapatkan santunan yang digagas oleh Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu, di Gedung Serbaguna, Desa Beji  Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Seperti yang diketahui bersama, jika kegiatan acara tahunan MPC PP itu, digelar rutin setiap menjelang Bulan Suci Rramadhan. Dan itu merupakan sebagai bentuk kepedulian dari MPC PP Kota Batu setiap menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Ketua MPC PP Kota Batu H. Endro Wahyu Wijoyono, S.Kom menjelaskan, jika kegiatan ini merupakan bentuk rasa kepedulian dari MPC PP Kota Batu terhadap warga yang kurang mampu.

“Ya, kegiatan santunan kepada anak yatim dan janda serta kaum dhuafa memang setiap tahun terutama menjelang Bulan Suci Ramadhan kami lakukan. Dan hari ini kita bagikan kepada 200 orang yang terdiri dari 120 anak yatim dan yang 40 persen atau 80 orang kaum dhuafa. Jadi, masing – masing kita santuni sebesar Rp 350 ribu. Meski tidak seberapa nilainya, tapi dapat membantu dan meringankan. Semoga santunan ini bermanfaat bagi mereka,” terang Abah Endro sapaan akrabnya.

Menurutnya, sesulit apapun dalam menjalani kehidupan ini harus tetap tanggap dan saling berbagi, serta peduli kepada sesama terutama yang membutuhkan untuk sekadar berbagi.

“Selama kita masih diberi rezeki dan itu harus kita sisihkan untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Karena sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain,” katanya.

Abah Endro juga mengingatkan, salah satu hadist riwayat dari Ibnu Majah yang mengatakan, sebaik-baiknya rumah dikalangan kaum muslimin, adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik.

“Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum muslimin, adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk. Setitik tinta jadi noda, setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba, Marhaban Ya Ramadhan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) Jawa Timur, Puji Agus sangat mengapresiasi dengan kegiatan santunan kepada anak-anak yatim dan kaum dhuafa yang dilakukan oleh MPC PP Kota Batu.

“Yang selalu rutin adalah MPC PP Kota Batu. Walaupun meski ada juga dari beberapa MPC PP yang lain melakukan kegiatan yang serupa. Namun, apa yang dilakukan MPC PP Kota Batu adalah hal yang dangat luar biasa sekali,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya juga berharap usai acara santunan ini, agar MPC PP juga ke depan memikirkan pendidikan bagi mereka.

“Selain peduli kepada anak yatim, dan kaum dhuafa. Kami harap juga memikirkan pendidikan untuk adik-adik kita anak-anak yatim,” tukas dia.

Maka dari itu, pihaknya sekali lagi berharap kepada MPC PP yang lain, terutama yang ada di Jawa Timur, agar selalu bisa mengikuti dan meneladani apa yang dilakukan oleh MPC PP Kota Batu.

“Mereka peduli pada kaum dhuafa dan anak-anak yatim. Ini bagian dari bukti nyata PP Kota Batu. Kepedulian semacam ini semoga jadi motivasi bagi MPC-MPC PP yang tersebar di Jawa Timur,” tandasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed