by

Resmikan Kendedes Oleh-Oleh dan Resto Kota Batu, Menteri Bappenas RI: Saya Bangga Punya Kader yang Peduli dengan UMKM

MALANG NEWS – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) RI yang juga sebagai Ketua Umum DPP PPP Dr. (HC) Ir. H. Suharso Manoarfa, meresmikan Pusat Oleh-Oleh Kendedes dan Resto, pada Sabtu (26/3/2022) yang berlokasi di Jalan Diponegoro, No.54, RT.03/RW.02, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Kegiatan acara peresmian itu juga turut dihadiri oleh Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum DPP PPP H. Suharso Manoarfa, Sekretaris Jenderal DPP PPP H.M Arwani Thomafi, H. Muhammaf Sofiyulloh, SE serta para pelaku UKM.

Dengan mengusung tema Silaturahmi yang dikemas dalam “Ngobrol Santai Bersama para pelaku UMKM dan Pemberian Santunan Pada Anak Yatim” tersebut sukses digelar.

Dalam sambutan singkatnya, Dr. (HC) Ir. H. Suharso Manoarfa selaku Ketua Umum DPP PPP yang juga Menteri Bappenas RI menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Ketua DPC PPP Kota Batu H. Muhammad Sofiyulloh, S.E karena telah memfasilitasi giat acara tersebut.

“Saya merasa bahagia sekali bisa hadir dalam kesempatan kali ini, jika di bandingkan dengan 20 tahun yang lalu waktu itu saya datang ke Pimpinan Anak Cabang PPP di daerah arah Selecta. Saya sudah lupa namanya, beliau juga pengusaha dan saya di suguhi soto ayam ambengan. Saya rasakan pada waktu itu sebuah keakraban yang sangat luar biasa sekali, dan mungkin juga karena saya arek Malang. Buat saya bukan sesuatu yang baru karena saya besar di Malang, jadi bohong kalau saya gak tau Kota Malang. Jadi aneh juga kalau Ketua Umumnya arek Malang, tapi kemudian suara PPP di Malang tidak naik,” tutur H. Suharso sembari tersenyum.

Lebih lanjut, Dr. (HC) Ir. H. Suharso Manoarfa berharap, sekaligus memberikan apresiasi karena menurutnya kegiatan acara silaturahmi yang digelar sangat baik dan positif untuk maju kembangnya UKM dan juga dengan pemberian santunan pada anak yatim bisa membawa berkah.

“Ya, terus terang sebagai Ketua Umum PPP, saya merasa bangga mempunyai kader yang peduli dengan para UMKM dan anak-anak yatim di daerahnya. Semoga saja UKM di Kota Batu bisa terus maju dan berkembang pesat nantinya, agar perekonomian dapat kembali pulih seperti sediakala,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPC PPP terpilih Kota Batu, H. Muhammad Sofiyulloh, S.E juga menyampaikan, bahwa sebagai kader NU pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UKM yang ada di Kota Batu.

“Selain membantu memasarkan produk-produk mereka, tentunya kami juga memberi arahan supaya produksi yang dihasilkan bisa lebih baik lagi, sehingga wisatawan yang membeli produk UKM nantinya bisa puas. Untuk kegiatan pemberian santunan anak yatim memang sudah sering kami lakukan, karena Kendedes didirikan dengan maksud bisa bermanfaat bagi orang lain. Sebagai santri kita berpedoman hidup harus bisa bermanfaat bagi orang banyak dimanapun kita berada, karena saya ini santri yang jadi pengusaha dan bagaimana saya harus bisa mencetak pengusaha-pengusaha khususnya dari kalangan santri,” ungkap H. Sofi sapaan akrabnya.

Disinggung tentang harapan kedepan apa, H. Sofi berharap, ingin bisa memberikan semangat dan membantu para pelaku UKM melalui keterampilan atau skill dalam memasarkan produknya.

“Harapan saya semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para pelaku UMKM di Kota Batu, serta bisa memberikan semangat dan membantu dalam memasarkan produk dari UMKM itu sendiri. Ya, pada intinya bagaimana kita semua sebagai kader partai harus juga bisa menjadi seorang pengusaha,” tandasnya.

Sebagai penutup, acara kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada puluhan anak yatim dari Ponpes Nurul Hidayah, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, dan penandatanganan serta penguntingan pita sebagai tanda peresmian Pusat Oleh-oleh Kendedes  yang dilakukan oleh Menteri Bapennas yang juga Ketua Umum DPP PPP, H. Suharso Manoarfa.

Sekadar diketahui, H. Muhammad Sofiyulloh terpilih pada Muscab DPC PPP di Ponpes Al-Hikam Malang, dirinya adalah seorang pengusaha dengan sederet usaha yang banyak dan mempunyai jiwa sosial yang sangat tunggi, serta rutin menjadi donatur pada banyak panti asuhan dan pondok pesantren.

Dikutip dari berbagi sumber, diketahui Dr. (HC.) Ir. H. Suharso Monoarfa (lahir 31 Oktober 1954) adalah seorang Politisi dan Pengusaha Indonesia yang berdarah Gorontalo. Saat ini, ia menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional di Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin.

Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan pada 20 Maret 2019, menggantikan Romahurmuziy dan terpilih secara aklamasi dalam Muktamar IX Partai Persatuan Pembangunan sebagai Ketua Umum PPP pada tanggal 19 Desember 2020. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed