by

Momentum Operasi Keselamatan Semeru 2022, Satlantas Polresta Malang Kota Beri Helm Relawan

MALANG NEWS – Bentuk kepedulian Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si kepada para relawan dalam berkegiatan sehari-hari agar aman dalam berkendara roda dua, diberikan fasilitas berupa pemberian helm SNI, pada Senin (7/3/2022)

Pemberian helm SNI oleh Kapolresta Malang Kota kepada para relawan Kota Malang itu terutama bagi mereka yang membutuhkan, serta dalam momentum Operasi Keselamatan Semeru 2022.

“Ya, ini merupakan bentuk kepedulian Bapak Kapolresta Malang Kota dalam memfasilitasi rekan-rekan relawan dalam giat sehari-hari, tujuannya agar aman dalam berkendara roda dua,” ungkap Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppy Anggi Khrisna, S.Kom, S.I.K.,M.H yang hadir mewakili Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si.

Menurutnya, inisiasi itu merupakan bentuk dalam mendorong tercapainya kualitas hidup masyarakat yang lebih baik, seperti terbinanya masyarakat yang sehat, aman dan bermoral di jalan raya pada saat berkendara.

“Kami berikan kepada 16 orang relawan dari unsur relawan es teh anget, relawan pasukan obrok, relawan pengaduan publik, relawan anak bangsa, relawan pendamping difabel dan relawan Covid hunter,” kata Kompol Yoppi.

Ditambahkan Kompol Yoppi, berperan tidak hanya tertib dalam berlalu lintas untuk diri sendiri saja, akan tetapi juga berperan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat sekitarnya, utamanya dalam memastikan agar masyarakat juga mematuhi lalu lintas yang salah satunya dengan memakai helm berstandar SNI.

“Sekaligus sebagai bentuk kemitraan dengan masyarakat, dimana ini merupakan pelayanan polisi yang berorientasi masyarakat dengan mengedepankan dan mengutamakan pendekatan proactive problem solving dan partnership, berkaitan dengan itu di awali dengan cara pandang serta nilai-nilai masyarakat lokal dalam menyelesaikan isu bersama yang jadi perhatian warga dan polisi,” paparnya.

Dalam konteks ini, masih kata Kompol Yoppi, kelengkapan dalam berkendaraan menjadi entry point untuk terwujudnya kolaborasi tersebut.

“Maka, dengan demikian, problem solving approach sebagai pendekatan community Oriented Policing, yang merupakan sebuah pendekatan dalam memperkuat kapasitas masyarakat itu sendiri, termasuk nilai-nilai citizenship dan hari ini pun juga dilakukan hal tersebut oleh Bapak Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto,” beber dia.

Pihaknya berharap, saat menyerahkan bantuan yang mungkin wujudnya kecil namun diyakini terdapat manfaatnya yang sangat besar.

“Itu karena menyangkut keselamatan untuk kemanusiaan, semoga perwakilan relawan yang hadir menerima helm kali ini dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi yang lain, untuk senantiasa membudayakan tertib berlalu lintas di jalan raya,” tukas Kompol Yoppi.

Sementara itu, perwakilan relawan yang hadir di wakili Sudarno menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kepada pihak Polresta Malang Kota yang menginisiasi pemberian helm ersebut.

“Kami perwakilan relawan mengucapkan terima kasih sekaligus apresiasi kepada Bapak Kapolresta dan Bapak Kasatlantas Polresta Malang Kota, karena telah mengundang kami untuk di berikan helm,” ujar Sudarno.

Diakuinya, jika pihaknya sepakat bahwa kebijakan tersebut merupakan entry point terbentuknya community Oriented Policing, bahwa masyarakat kota Malang mendukung kebijakan Polresta Malang Kota.

“Ya, utamanya dalam rangka mewujudkan ketertiban di masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya dukung dan daya guna, untuk meningkatkan kualitas hidup bermasyarakat di Kota Malang,” tandas Sudarno. (And)

Bagikan Tautan

News Feed