by

PDPM Alor Gelar Vaksinasi Massal Target 4.000 Orang, Bupati Alor: Saya Sangat Berhutang Budi

MALANG NEWS – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Alor menggandeng Lembaga Pimpinan Kesehatan Umum (LPKU) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, dan didukung oleh Badan Pembangunan Internasional Unites State America (USA) untuk melakukan vaksinasi masal di Kabupaten Alor, pada Selasa, (1/3/2022).

Kegiatan ini terlaksana setelah setelah PDPM Kabupaten Alor yang kurang lebih satu bulan, melakukan komunikasi dengan LPKU PP Muhammadiyah, serta satu Minggu pembekalan relawan dan pendampingan melalui meting zoom hingga dilanjutkan dengan pelaksanaan vaksinasi secara serentak di tiga lokasi, yakni STKIP Muhammadiyah, SD GMIT 02 Kalabahi dan di desa Lewalu dengan target 4.000 orang untuk di vaksin.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Alor, Pahlawan Djafar, S.Ip dalam sambutan pembukaannya yang digelar di Sekola Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kabupaten Alor, Kelurahan Wetabua.

“Kegiatan Vaksinasi masal oleh Muhammadiyah ini, merupakan hasil kerja sama dengan LPKU PP Muhammadiyah dan didukung oleh Badan Pembangunan Internasional USA,” ungkapnya.

Tokoh muda Alor yang akrab disapa Wan Djafar ini dalam sambutannya juga menyampaikan, Pemuda Muhammadiyah melihat pandemi Covid-19 di Alor perlu ditangani secara serius.

“Ya, sehingga percepatan vaksinasi di kabupaten Alor harus didukung bersama, karena persoalan ini merupakan tanggung jawab bersama,” tukas dia.

Sementara itu, Bupati Alor yang turut hadir dan memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan vaksinasi massal di Kabupaten Alor ini mengatakan, Pemuda Muhammadiyah di alor merupakan bahagian dari solusi permasalahan yang di hadapi pemerintah daerah (Pemda) di Kabupaten Alor

Selain itu, menurutnya Pemuda Muhammadiyah juga peduli dengan apa yang dialami oleh masyarakat, sehingga hari ini melakukan vaksinasi masal bagi seluruh masyarakat di daerah tersebut.

“Pemuda Muhammadiyah hadir bukan cuma diskusi dan audensi tapi  Muhammadiyah, terutama pemuda Muhammadiyah bahagian dari solusi dari permasalahan Pemda saat ini,” kata Amon.

Orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Alor ini juga menegaskan, Muhammadiyah hadir bukan untuk kalangan muslim saja, akan tetapi untuk semua orang.

“Mungkin orang lain tidak mencatat, tapi saya selalu catat dan ingat dalam agenda pemerintahan maupun pribadi dan keluarga dari semua kegiatan yang di lakukan Muhammadiyah di Daerah Nusa kenari ini,” ujar Bupati Djobo.

Untuk itu kata Bupati Djobo, rasa hormat dan terimakasih kepada pengurus pusat Muhammadiyah yang telah memberikan sumbangan-sumbangan pemikiran, dan pendidikan organisasi kepada saudara dan Kakak atau adik Pemuda Muhammadiyah  yang ada  di Alor.

Ia sangat berterimakasih kepada PP Muhammadiyah yang telah peduli dalam rangka memberikan vaksinasi di Alor.

”Semoga dengan hal yang kecil ini bisa merambat ke hal- hal yang besar untuk kemaslahatan orang banya,” kata Bupati yang dikenal tegas dan dekat dengan rakyat ini.

Selain itu, Amon dalam sambutannya juga mengutaran kondisi keterbatasan anggaran Pemerintah Daerah dalam penanganan Covid-19 ini.

Dan menurutnya, kepedulian Pemerintah Daera dalam program vaksinasi sangat tinggi, namun anggaran pemerintah daerah sangat terbatas akhirnya mengakibatkan realisasi yang terkesan kurang maksimal. 

”Kritik dan kritis saya setuju, tapi harus memberikan solusi pada setiap permasalahan yang dihadapi Pemda”, tegas Bupati Djobo.

Muhammadiyah dari tingkat pusat hingga di daerah telah memberikan kontribusi yang banyak, baik pemikiran dan bantuan- bantuan fisik kepada korban bencana tanpa memandang suku dan agama.

”Jangan dilihat nilai dari bantuan tersebut. Namun perhatian pengurus pusat Muhammadiyah kepada masyarakat di Alor merupakan sebuah berkat yang besar. Saya sangat berhutang Budi sama Muhammadiyah. Tolong diingatkan saya,  agar ketika dinas ke Jakarta saya bisa mampir dipengurus pusat untuk menyampaikan ucapan terima kasih,” kata Bupati Djobo.

Untuk diketahui, kegitan vaksinasi ini berjalan berkat kerja sama Pemkab Alor melalui Dinas kesehatan, serta tim kesehatan dari Polres Alor. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed