by

Langkah Cepat Tanggap Empat Pilar Kelurahan Ngaglik, Lakukan Tracing dan Testing

MALANG NEWS – Bhabinkamtibmas Kelurahan Ngaglik Bripka Ari Yudiantono bersama Babinsa, Bidan Kelurahan dan Perangkat Kelurahan (Empat Pilar) Kelurahan Ngaglik, kembali melaksanakan kegiatan tracing dan testing warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada Rabu (9/2/2022).

Ari sapaan akrab Bhabinkamtibmas Kelurahan Ngaglik mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya gerak cepat dalam pencegahan menyebarnya virus Corona.

“Kami Empat Pilar Keurahan Ngaglik dengan gerak cepat melakukan tracing dan testing kontak erat terhadap warga Ngaglik yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Ari kepada awak media.

Pihaknya menyampaikan, bahwa tracing dan testing lokasi pertama di Jalan Lesti, karena dimana ada warga yang terkonfirmasi seorang balita.

“Lokasi pertama tracing dan testing di Jalan Lesti Kota Batu, warga yang terkonfirmasi adalah seorang balita,” ujarnya.

Berdasarkan temuan di lapangan, lanjut Bripka Ari, sejauh ini diperoleh keterangan dari orang tua warga yang terlebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut pada 7 Februari, telah melaksanakan Swab PCR di salah satu rumah sakit di Kota Malang dengan hasil positif.

“Keterangan dari orang tua warga tersebut pada tanggal 7 Februari 2022, telah melakukan Swab PCR untuk persyaratan penerbangan ke Kalimantan di salah satu Rumah Sakit di Kota Malang, hasilnya positif sedangkan kedua orang tuanya negatif. Selanjutnya dilakukan tes swab yang sama di Rumah Sakit Karsa Husada Kota Batu, tapi hasilnya negatif semua,” ungkap dia.

Kemudian, masih kata Bripka Ari, warga tersebut lalu kembali lagi pada 8 Februari 2022 yang selanjutnya dilakukan swab PCR di Rumah Sakit yang berbeda di Kota Malang, namun tetap hasilnya negatif semua.

“Kemudian kami lakukan tracing pada hari ini untuk balita tersebut, dan usai tracing selanjutnya melakukan isoman di tempat tinggalnya,” ungkapnya.

Lokasi kedua, lanjut Bripka Ari, giat tracing dan testing Empat Pilar Kelurahan Ngaglik bertempat di Jalan Abdul Gani, pada lokasi tersebut ada dua warga terkonfirmasi positif Covid-19, satu orang juga merupakan balita.

“Lokasi kedua tracing dan testing berada di Jalan Abdul Gani Kota Batu, dimana ada dua orang warga terkonfirmasi positif Covid-19, satu satunya juga masih merupakan balita,” katanya.

Dari temuan lokasi kedua, diungkapkan Bripka Ari, jika diketahui ada warga terkonfirmasi positif tersebut sudah melakukan isolasi mandiri di rumah sebelah tempat tinggalnya.

“Setelah didatangi kami lakukan tracing dan konfirmasi melalui Ketua RT, Ketua RW, Babinsa dan Satpam warga yang bersangkutan sudah melakukan isolasi mandiri di rumah sebelah tempat tinggalnya selama empat hari. Selanjutnya akan melaksanakan swab PCR mandiri kembali sebagai pembanding dan untuk mengetahui kondisi riil kesehatannya,” beber dia.

Sementara itu, kondisi saat ini warga tersebut dalam keadaan sehat tanpa ada keluhan apa pun. “Ya, karena semua dilaksanakan sesuai prosedur serta selama giat tracing dan testing warga yang bersangkutan sangat kooperatif, seperti mematuhi prosedur isoman di rumah,” ucapnya.

Dalam giat tersebut bersama Babinsa, Perangkat Kelurahan Ngaglik dan Bidan Kelurahan, menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kelurahan Ngaglik, untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 khususnya varian Omicron dengan menerapkan 6M, yakni mencuci tangan dengan air mengalir atau menggunakan handsanitizer, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi interaksi dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi pada saat berada di ruang publik,” tutup Bripka Ari. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed