by

Wali Kota Batu Launching Program Desa Berdaya, Kades Pandanrejo: Semoga Dikunjungi Wisatawan

MALANG NEWS – Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si meresmikan  program launching Desa Berdaya di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada Selasa (28/12/2021) siang bertempat di Lumbung Strawberry.

Kegiatan acara tersebut dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa timur (DPMD), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur Zainal Mustafa, Komisi B DPRD Kota Batu, TP PKK Kota Batu, TP PKK Desa Pandanrejo, Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Batu, DP3AP2KB Pemerintah Kota Batu, beserta para undangan.

Budhe, sapaan akrab Wali Kota Batu dalam sambutannya mengapresiasi terhadap Kepala Desa Pandanrejo, karena dinilai telah bersungguh-sungguh membangun desanya untuk kesejahteraan warganya.

“Saya berharap tidak hanya launching, namun harus terus diisi dengan kegiatan untuk menarik wisatawan dan warga sekitar Kota Batu,” kata Budhe.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyebut, jika estetik dan pilihan bahan dari bangunan yang tidak mahal namun unik dan berkesan di Lumbung Strawberry.

“Mohon untuk bekerjasama dengan dinas-dinas terkait untuk menjadikan Desa Berdaya yang berkesan dan ikonik,” tukas dia.

Dalam kesempatan ini, Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa timur (DPMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Zainal Mustafa menyampaikan, bahwa kegiatan Desa Berdaya ini dilaksanakan untuk mengatasi pandemi.

“Program ini untuk 151 desa di Jawa Timur termasuk lima desa di Kota Batu.
Desa Pandanrejo merupakan salah satu dari Lima Desa di Kota Batu, yang mendapatkan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Program Desa Berdaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Menurutnya, syarat untuk mendapatkan BKK adalah desa yang sudah berstatus mandiri.

“Ya, karena program ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi ikonik desa hingga menguatkan branding desa,” tukas dia.

Sementara itu, Kepala Desa Pandanrejo Abdul Manan, S.Sos menambahkan, bahwa Desa Pandanrejo mengembangkan ikon sebagai penghasil strawberry dan sebagai “Lumbung Strawberry”.

“Dengan dijadikannya Desa Pandanrejo menjadi Lumbung Strawberry, semoga ke depannya banyak dikunjungi oleh para wisatawan menuju Pandanrejo Berdaya,” tandasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed