by

Antisipasi Peredaran Narkoba, Polres Batu Lakukan Tes Urine Sopir dan Kondektur

MALANG NEWS – Menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Batu menggelar Operasi Lilin Semeru 2021. Selain memutus mata rantai Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan terhadap masyarakat, juga dilakukan tes urine untuk mengantisipasi akan peredaran bahaya penyalahgunaan narkotika.

Dalam pelalaksanaannya, Polres Batu melalui Satreskoba bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batu, melakukan tes urine terhadap para sopir bus, sopir angkot serta kondektur kendaraan penumpang umum di Terminal Kota Batu, pada Jum’at (24/12/2021).

Kegiatan ini dilakukan untuk memerangi dan memberantas penyalahgunaan pemakaian obat-obatan terlarang, yang salah satunya memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Kasatreskoba Polres Batu, AKP Achmad Zainuddin, S.H., MM menjelaskan, bahwa tujuan giat tersebut dilakukan agar para penumpang merasa aman dan nyaman selama melakukan perjalanan, sehingga selamat sampai tujuan.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemkot Batu melaksanakan tes urine kepada semua sopir bus dan angkot serta kondektur, target kami sebanyak 200 orang. Nantinya, kegiatan ini juga menyasar ke tempat-tempat wisata dan hiburan malam seperti karaoke,” terang Zainuddin sapaan akrabnya kepada wartawan.

AKP Zainudin menambahkan, jika pihaknya selama ini hingga libur Tahun Baru tak henti-hentinya memberantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Batu.

“Ya, karena selama ini penyalahgunaan narkoba merusak generasi bangsa. Kota Batu adalah kota wisata, pastinya kami tidak ingin adanya peredaran narkoba, maka dari itu kami berusaha semaksimal mungkin memerangi narkoba,” tegas dia.

Pihaknya juga berpesan sekaligus mengimbau kepada masyarakat maupun wisatawan, untuk tidak mendekati apalagi sampai mencoba narkoba.

“Jauhi narkoba, selain merusak generasi bangsa juga ada ancaman hukuman kurungan penjara baik bagi kurir, pemakai apalagi pengedar,” pungkasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed