by

Beri Keamanan Jemaat, Waka Polresta Malang Kota Laksanakan Pengecekan ke Gereja

MALANG NEWS – Sesuai dengan keputusan dari Kemenag RI No 33 Tahun 2021 terkait peraturan Natal 2021, Waka Polresta Malang Kota AKBP Deny Heryanto, S.I.K., M.Si didampingi Kabag Ops, Kasat Samapta Polresta Malang Kota dan Kapolsek Klojen, melaksanakam pengecekan kemanan dan kesiapan ke Gereja Katolik Hati Kudus Yesus di Kota Malang, Senin (20/12/2021).

Pengecekan itu dimulai dari pintu gerbang, hingga menuju ke halaman belakang gereja.

Waka Polresta Malang Kota AKBP Deny Heryanto, S.I.K., M.Si yang mewakili Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si menjelaskan, bahwa mulai hari ini jajaran Polresta Malang Kota, bersama TNI dan unsur terkait lainnya, telah melakukan berbagai upaya persiapan pengaman di gereja.

“Tujuan kami melaksanakan pengecekan untuk memastikam terkait keamanan dan protokol kesehatan dari pihak gereja, baik Satpam maupun pengurus Gereja Hati Kudus Yesus, agar pada saat pelaksanaan Misa Natal 2021 aman dan kondusif,” terang Deny sapaan akrabnya.

Dirinya menambahkan, bahwa selalu siap menerjunkan anggota untuk mengamankan ibadah disetiap gereja, baik dari Polresta Malang Kota maupun dari Polsek Jajaran.

“Ya, selain itu pihak penyelenggara ibadah juga harus memastikan para jemaat harus sudah divaksin Covid-19. Masuk gereja harus scan barcode aplikasi PeduliLindungi, dan wajib mematuhi protokol kesehatan, serta pengecekan suhu tubuh,” tegas AKBP Deny.

Untuk lebih menjamin rasa aman serta nyaman dalam beribadah, lanjut Deny, pihaknya akan menurunkan personel polisi bersama TNI serta elemen terkait lainnya, di setiap gereja.

“Termasuk juga sebelum ibadah dimulai, polisi juga akan melakukan sterilisasi gereja dengan melibatkan Sat Brimob Polda Jawa Timur,” ungkap dia.

Diakuinya, jika pengecekan awal ke Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, merupakan bukti dari kesiapan pihak Polri dan TNI dalam memberikan jaminan keamanan pelaksanaan ibadah Natal.

“Pesan kami kepada penyelenggara gereja, agar selalu menerapkan peraturan kapasitas jemaat 50 persen dari daya tampung gereja, dan jemaat yang tidak hadir bisa mengikuti ibadah secara daring. Pada H-1 Natal nanti juga ada pengecekan kembali yang melibatkan K9, semoga pelaksanaan Misa Natal 2021 berlangsung aman dan kondusif,” pungkas AKBP Deny.

Kedatangan Waka Polresta Malang Kota AKBP Deny bersama rombongan, disambut baik oleh pihak Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, tampak juga pengurus gereja masih menata hiasan gereja, seperti pohon natal dan aksesoris lainnya. (And)

Bagikan Tautan

News Feed