by

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ketua MPC PP Kota Batu: Tetap Solid, Jangan Mudah Dipecah Belah

MALANG NEWS – Hari Sumpah Pemuda diperingati oleh bangsa Indonesia pada 28 Oktober setiap tahunnya. Lahirnya Sumpah Pemuda tidak lepas dari penyelenggaraan Kongres Pemuda yang kala itu digelar pada 28 Oktober 1928 silam.

Seperti halnya di Kota Batu sendiri, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93, dan bertepatan pada HUT (Hari Ulang Tahun) PP (Pemuda Pancasila) ke-62, MPC (Majelis Pimpinan Cabang) PP (Pemuda Pancasila) Kota Batu menggelar upacara yang dihadiri oleh jajaran pengurus, kader beserta para anggotanya, pada Kamis (28/10/2021) pagi.

Bertempat di markas MPC PP Kota Batu, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, upacara tersebut tampak berlangsung khidmat dan sakral.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MPC PP Kota Batu H. Endro Wahyu Wijoyono, S.Kom dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemuda Pancasila baik pada masa orde lama maupun masa orde baru tetap garda terdepan.

“Jadi kita pemuda pancasila adalah pasukan terdepan dalam mengamankan Pancasila. Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 tepatnya 28 Oktober 2021. Mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan prestasi terbaik untuk kemajuan bangsa Indonesia khususnya Kota Batu yang sangat kita cintai ini, demi menyongsong masa depan Indonesia yang cemerlang,” kata Abah Endro sapaan akrabnya.

Dijelaskan Abah Endro, bertepatan pada 28 Oktober 2021 Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 sekaligus memperingati HUT Pemuda Pancasila ke-62, yang dirayakan oleh keluarga besar Pemuda Pancasila di seluruh Indonesia.

“Khususnya di Kota Batu, kami keluarga besar MPC PP juga memperingati yang mana suatu kehormatan dan tentunya ada kebahagiaan tersendiri. Karena Sumpah Pemuda ini juga merupakan tonggak lahirnya sejarah yang yang tidak boleh diabaikan. Pada tanggal itulah bangsa Indonesia menunjukan tekadnya sebagai bangsa yang merdeka, sebagai bangsa yang kuat bersatu, dan sebagai bangsa yang mampu berdiri sendiri, sebagai bangsa yang mempunyai keyakinan atas masa depannya,” ujar dia.

Dirinya menambahkan, bahwa Sumpah Pemuda merupakan sumpahnya bangsa Indonesia untuk mengakui, memiliki, memperjuangkan dan mempertahankan tanah air, bangsa dan bahasa yang terungkap dalam isi Sumpah Pemuda itu sendiri.

“Oleh karena itu, sumpah pemuda wajib untuk dilestarikan, diperjuangkan demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan untuk hidup makmur dan adil berdasarkan Pancasila dan UUD 45,” imbuhnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, lanjut Abah Endro, menjadikan titik tolak ukur untuk selalu menyegarkan ingatan kita akan tugas dan kewajiban sebagai pemuda penerus generasi bangsa.

“Mars dan Himne Pemuda Pancasila menjadi ikrar, bahwa organisasi masyarakat ini sebagai penyelamat ideologi pancasila sekaligus garda terdepan dalam menjaga bangsa. Dengan semangat ini, hendaknya pemuda pancasila dapat menjadi alat pemersatu bangsa,” tegasnya.

Menurutnya, Pemuda Pancasila punya andil dalam perjuangan kemerdekaan NKRI yang hendaknya dapat menjadi garda terdepan dalam mengawal pembangunan daerah.

“Tentunya kami memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah, sehingga keberadaan pemuda pancasila benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Batu,” ucapnya.

Abah Endro juga berharap, sekaligus berpesan kepada kader maupun anggotanya, hendaknya agar tidak mudah untuk diadu domba dan dipecah belah.

“Karena salah satu makna Pancasila sebenarnya itu untuk bersatu bersama dan solid. Selain itu juga tidak mudah di provokasi. Salah satu hal terpenting, kita tidak boleh membeda-bedakan golongan, agama, suku maupun ras, agar Indonesia ini lebih sejahtera,” pungkasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed