by

Forkopimda Kota Batu, Gelar Apel Bersama Siaga Bencana 2021

MALANG NEWS – Dalam rangka mengantisipasi sekaligus mencegah dan meminimalisir terjadinya bencana alam, Forkopimda Kota Batu menggelar Apel Bersama Siaga Bencana 2021 di halaman Mapolres Batu, Jalan AP lll Katjoeng Permadi, No.16, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Senin (25/10/2021).

Turut hadir dalam giat Apel tersebut Wali Kota Batu, Wakil Wali Kota Batu, Kapolres Batu, Panglima Penghubung (Pabung), Ketua DPRD Batu serta Kajari Batu yang mewakili.

Dalam kesempatan ini, saat memimpin Apel, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si mengatakan, agar seluruh elemen masyarakat Kota Batu untuk selalu waspada dalam menghadapi bencana yang bisa saja terjadi pada setiap saat.

“Kita harus waspada dalam mengantisipasi segala bentuk bencana alam seperti banjir, gunung meletus, gempa bumi dan lain-lain. Karena waspada dini dapat mencegah timbulnya korban jiwa yang lebih banyak,” kata Budhe, sapaan akrabnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, bahwa untuk kesiapan antisipasi dalam menanggulangi bencana, kendaraan operasional instansi terkait dirasa sudah cukup siap saat sewaktu-waktu mengatasi bencana yang datang.

“Kesiapan kendaraan operasional penanggulangan bencana saya rasa sudah cukup siap, dari Pemadam Kebakaran kendaraan operasionalnya sudah siap diterjunkan. Dari Dishub juga juga siap mengawal kelancaran jalannya peanggulangan bencana, maupun evakuasi,” imbuh dia.

Sementara itu, Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, S.I.K., M.Si menambahkan, bahwasanya bencana alam datangnya tidak terduga dan bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Kita semua pasti tidak mau terjadi bencana, tapi yang namanya bencana datangnya tidak terduga bisa sewaktu-waktu. Maka dari itu penting sekali adanya peringatan dini serta kesiapan kita semua dalam menghadapi dan menanggulangi bencana,” ujar Yogi sapaan akrab Kapolres Batu.

Mantan Kasubbidpenmas Bidhumas Polda Metro Jaya ini menghimbau, agar semua elemen masyarakat tetap kompak, gotong royong serta bahu membahu dalam bersama-sama mengatasi bencana alam.

“Kalau semuanya sudah siap, kompak dan bahu membahu dalam menanggulangi bencana, pastinya penanganan bencana alam tersebut bisa lebih cepat dan bisa mengurangi resiko akan jatuhnya korban jiwa,” tukasnya.

Perwira Polisi dengan pangkat dua bunga melati dipundaknya ini juga mengungkapkan, jika pihaknya telah menyiapkan sejumlah personil Polres Batu dan beberapa peralatan serta kendaraan yang di siagakan untuk mengantisipasi kejadian dalam penanggulangan bencana alam.

“Kami (Polri) siap membangun berkoordinasi dengan lintas sektor guna membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam,” tegas Yogi.

Orang nomor satu di jajaran Polres Batu ini mengaku siap, membangun dan memelihara kamunikasi dengan berbagai elemen semua pihak dan stakeholder dinas terkait, maupun masyarakat.

“Pada dasarnya kami selalu siap membangun komunikasi lintas sektor, dengan tujuan membantu masyarakat dalam mengatasi dampak bencana alam dan kita siap menggelar kekuatan yang bisa digerakkan, jika sewaktu-waktu apabila terjadi bencana alam,” tandas Yogi.

Usai mengikuti Apel Bersama Siaga Bencana 2021, Wali Kota Batu bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), melihat sekaligus mengecek langsung kesiapan pasukan penanggulangan bencana. Baik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), maupun juga dari instansi terkait yang lain. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed