Ikuti Kami di Google News

JAKARTA, MALANG NEWS – Melihat kekuatan dan potensi besar yang dimiliki Indonesia, Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi berkomitmen mewujudkan dua pesan penting dalam rangkaian acara Trade Expo Indonesia-Digital Edition 2021. Indonesia harus optimis menjadi pusat industri produk halal dan kiblat fashion muslim dunia. 

Upaya ini dilakukan dengan menggelar Halal Trade Forum secara hibrida pada 22 Oktober 2021 dan Embracing Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) pada 18 November 2021 di Aquatik Stadium Gelora Bung Karno Senayan. Jakarta sebagai bagian dari ajang Trade Expo-Digital Edition (TEI-DE) 2021 yang berlangsung pada 21 Oktober—4 November 2021 (online interactive) hingga 20 Desember 2021 (showcase).

“Halal Trade Forum dan Embracing JMFW yang digelar pada TEI-DE 2021 ini menjadi pembeda dari gelaran TEI yang berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya. Dalam penyelenggaraan TEI-DE 2021 ini kita punya dua pesan yang ingin diwujudkan, yaitu Indonesia sebagai pusat industri halal dunia dan Jakarta menjadi kiblat industri fashion Islam dunia. Kedua hal tersebut akan kita mulai tahun ini,” terang Mendag RI Lutfi, pada Kamis (21/10/2021).

Menurut Mendag RI, pasar produk halal dunia adalah pasar yang sangat menjanjikan. Warga muslim dunia diperkirakan membelanjakan lebih dari USD 2 triliun di sektor makanan, produk farmasi, kosmetik, fashion, serta rekreasi. Ini adalah peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik.

“Saat ini, nilai ekspor produk halal Indonesia diperkirakan baru mencapai USD 6 miliar atau peringkat ke-
21 dunia. Sedangkan untuk ekspor fashion muslim diperkirakan sebesar USD 4,1 miliar atau peringkat ke-13 dunia,”  ujar Mendag Lutfi.

Mendag RI Lutfi menambahkan, untuk meningkatkan daya saing produk halal Indonesia di pasar global, Kemendag RI juga akan bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia melalui BNI Xpora untuk meningkatkan kualitas produk sekaligus dari segi pembiayaan dan jaringan, agar buyer di luar negeri melihat dan tertarik.

Sedangkan, pada Embracing JMFW akan diselenggarakan peragaan busana, temu wicara, dan showcase mini di bidang fashion termasuk kosmetika halal yang akan menampilkan hasil karya desainer muslim Indonesia dan internasional serta produk kosmetika halal.

Diungkapkan Mendag Lutfi, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai pusat produk halal dan kiblat fashion muslim dunia, karena dukungan sumber daya serta daya saing produk yang dimiliki.

“Dengan diselenggarakannya dua kegiatan ini, diharapkan Indonesia akan semakin mampu bersaing di pasar global dengan produk-produk halal dan fashion muslimnya. Sehingga, bukan hanya menjadi jagoan di pasar lokal, tetapi juga di pasar regional dan global,” pungkasnya. (Yan)

Share: