by

Kapolresta Malang Kota, Tinjau Pelaksanaan Layanan Vaksinasi Drive Thru

MALANG NEWS – Setelah resmi dilaunching pada Jumat (1/10/2021) pekan lalu bersama Forkopimda Malang Raya di Polres Malang, Polresta Malang Kota dengan Layanan Mobil Vaksinasi Drive Thru, melaksanakan Vaksinasi Drive Thru, pada Rabu (6/20/2021).

Untuk pelaksanaan perdana kali ini, Stadion Gajayana dipilih untuk menjadi lokasi Vaksinasi Drive Thru. Berbeda dengan pelaksanakan Vaksinasi Konvensional, yang mana calon peserta wajib mendaftar terlebih dahulu via Google Form beberapa hari sebelumnya.

Dalam pelaksanaan Vaksinasi Drive Thru, calon peserta dapat secara langsung datang untuk mendaftar ke lokasi pelaksanaan, dengan cukup membawa KTP atau Kartu Keluarga. Terobosan ini di maksudkan untuk memudahkan, mempercepat, dan menghindari terjadinya kerumunan massa.

Selain itu, pada pelaksanaan Vaksinasi Drive Thru kali ini juga dimaksudkan, untuk memenuhi target program dari Pemerintah Pusat dalam pemerataan Vaksinasi Nasional, juga sebagai optimalisasi pembentukan kekebalan komunal atau Herd Immunity di wilayah Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si menjelaskan, bahwa Mobil Vaksinasi Drive Thru Polresta Malang Kota, diawaki oleh sepuluh tenaga kesehatan, yang terdiri dari Dokkes Polresta Malang Kota.

“Mulai dari petugas pendaftaran, input data, screening, vaksinator dan observasi yang selalu siap membantu peserta vaksin. Targetnya dosis 50 per hari, dengan dosis vaksin jenis Sinovac yang disediakan Polresta Malang Kota,” terang Buher sapaan akrabnya, saat meninjau pelaksanaan jalannya vaksinasi.

Mantan Kapolres Batu ini menambahkan, Vaksinasi Drive Thru ini dimaksudkan untuk mengurangi antrian kerumunan masyarakat, dan juga bisa berpindah tempat untuk door to door ke masyarakat lansia yang kesulitan untuk datang ke lokasi vaksinasi.

“Kami bekerjasama dengan Kapolsek jajaran dan anggota Bhabinkamtibmas yang mendata lansia di masing-masing lokasi Polsek. Mobil vaksinasi sistem Drive Thru Polresta Malang Kota standby di lokasi mulai pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 12:00 WIB. Untuk jadwal selanjutnya, akan dioperasikan ke tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat atau bisa dilihat di media sosial resmi instagram Polresta Malang Kota Official dan WhatsApp SIMPATI Makota,” imbuh dia.

Alumnus AKPOL 2000 ini berharap, agar vaksinasi sistem Drive Thru tersebut bagi para peserta vaksin datang dalam kondisi yang siap untuk divaksin, dan menyediakan persyaratan mutlak untuk pendataan, seperti KTP atau Kartu Keluarga bagi usia 12 tahun ke atas yang belum memiliki KTP.

“Dengan adanya Mobil Vaksinasi Drive Thru ini, diharapkan pencapaian vaksinasi masyarakat di Kota Malang bisa terpenuhi, utamanya kepada para pelajar untuk bisa segera diselesaikan, sebab menyongsong kegiatan pembelajaran tatap muka,” pungkasnya.

Dari beberapa masyarakat yang dijumpai di lokasi vaksinasi, salah seorang peserta mereka rata-rata sangat antusias dan menyambut baik dengan terobosan yang dilakukan oleh Polresta Malang Kota, terkait dengan layanan Vaksinasi Drive Thru.

“Saya sangat senang dengan program ini, karena bisa mengajak anak-anak untuk ikut pakai mobi. Jadi bisa sekalian jalan-jalan. Terimakasih Bapak Kapolresta Malang Kota yang sudah mengadakan kegiatan ini,” tandas salah satu peserta Vaksinasi Drive Thru di lokasi. (And)

Bagikan Tautan

News Feed