by

Mudahkan Layanan Masyarakat, Mobil Vaksinasi Drive Thru Diluncurkan Polisi Malang Raya

MALANG NEWS – Dalam rangka percepatan program Vaksinasi Nasional di wilayah Malang Raya, serta memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan vaksinasi, Kepolisian Malang Raya meluncurkan mobil layanan Vaksinasi Drive Thru tepat di Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021.

Kegiatan acara peluncuran mobil layanan Vaksinasi Drive Thru tersebut, bertempat di halaman upacara Satya Haprabu Polres Malang, pada Jum’at (1/10/2021), dihadiri Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si, Kapolres Malang AKBP Raden Bagoes Wibisono, HK., S.I.K,  Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, S.I.K., M.Si, Dandim 0818 Letkol Infanteri Yusuf, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji Sutiaji, serta Bupati Malang dan Wali Kota Batu yang diwakilkan.

Kapolresta Malang Kota Malang AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si menjelaskan, vaksinasi melalui sistem Drive Thru ini hasil kerjasama Forkopimda Malang Raya, dengan tujuan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi di wilayah Malang Raya, yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

“Jadi proses vaksinasi drive thru ini akan dikemas dengan proses pelayanan yang lebih cepat. Masyarakat bisa mendaftar melalui aplikasi WhatsApp, maupun datang langsung dan nantinya akan dilayani,” terang Buher sapaan akrabnya.

Mantan Kapolres Batu ini menambahkan, secara pelaksanaan tahapannya sama, yakni mulai dari pendaftaran dan tahap screening.

“Masyarakat yang akan melakukan vaksinasi harus diperiksa terlebih dahulu kondisi kesehatannya. Pemerikasaan ini meliputi pengecekan temperatur, tekanan darah, dan saturasi oksigen,” imbuh dia.

Menurutnya, tujuan daripada pemerikasaan tersebut untuk mengetahui kondisi kesehatan bagi para peserta vaksin.

“Melalui hasil pemeriksaan nantinya dapat diketahui, apakah peserta sudah siap untuk mendapatkan vaksin atau belum,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, mobil Vaksinasi Drive Thru sendiri diawali 10 personil tenaga kesehatan dengan disediakan 50–100 dosis vaksin per harinya, dan vaksin yang digunakan jenis Sinovac. Rencananya, penempatan mobil tersebut akan diuji coba di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Launching mobil Vaksinasi Drive Thru, dimulai pada pukul 10:00 WIB, dengan diawali terlebih dahulu dengan upacara peresmian yang dihadiri Forkopimda Malang Raya, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan mobil oleh Forkopimda Malang Raya. (And)

Bagikan Tautan

News Feed