by

Cegah Penularan Covid-19, Camat Karangploso Gencarkan Vaksinasi Massal

MALANG NEWS – Satuan Tugas Gugus (Satgas) Covid -19 Kecamatan Karangploso yang dipimpin langsung oleh Camat Karangploso Indra Gunawan, S.Sos menggelar kegiatan vaksinasi massal.

Hal itu dilakukan seiring dengan kebijakan pemerintahan pusat, hingga daerah dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19 yang semakin mengkuatirkan.

Bertempat di Pendopo Kecamatan Karangploso, pada Jumat (24/9/2021), sedikitnya 40 ribuan warga dari target 50 ribu jiwa warga, telah menerima suntikan vaksin jenis sinovac.

Menurutnya, meningkatnya jumlah penerima vaksinasi, juga dikarenakan adanya warga yang menerima vaksin tahap pertama. Sekaligus, vaksin massal juga dilakukan di lokasi tersebut yang berada di wilayah Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Indra Gunawan menjelaskan, selain di Kantor Kecamatan wilayahnya, vaksinasi massal juga dilakukan di desa-desa guna mengatisipasi maupun mencegah meningkatnya jumlah warga yang terpapar positif Covid-19.

“Vaksin massal sebagai upaya penetrasi untuk warga menerima vaksin dengan jarak yang lebih dekat. Untuk wilayah lainnya, tentunya juga tetap sama menerima vaksin reguler sesuai jadwal yang sudah ditentukan di setiap wilayah di Kabupaten Malang. Kita mendekatkan diri ke warga, agar vaksinasi lebih cepat diterima warga,” ungkapnya saat meninjau vaksinasi massal.

Ditambahkan dia, jadwal vaksinasi akan dilakukan hingga sampai dua gelombang di pendopo Kecamatan tersebut, dengan lokasi yang akan disesuaikan. Serta dipastikan di tempat terbuka, agar sirkulasi udara baik dan tidak menimbulkan kerumunan.

Camat Karangploso juga berharap, pihaknya akan terus melakukan pengawalan saat vaksinasi massal dan vaksinasi reguler. Berbagai cara dan upaya terus dilakukan Muspika oleh jajaran, agar uupaya vaksinasi berjalan lancar dan jumlah warga tervaksinasi terus bertambah.

“Cara seperti ini (vaksinasi massal) dilakukan, agar jumlah masyarakat penerima vaksin semakin bertambah. Muspika juga melibatkan tenaga medis dari pihak swasta untuk membantu vaksinasi. Upaya pencegahan terus kami lakukan dengan menutup lingkungan yang terkonfirmasi positif Covid. Kami juga terus berusaha mengawal vaksinasi. Bahkan, kami turun langsung menjaga wilayah yang terkonfirmasi positif Covid-19,” tegas Indra.

Indra juga menghimbau kepada masyarakat, agar selalu menjaga jarak dan taati protokol kesehatan.

“Selalu menggunakan masker dimanapun dan hindari kerumunan, selain untuk keselamatan kita juga untuk keselamatan bersama,” pungkasnya.

Salah satu warga  penerima vaksin, Budi mengungkapkan, bahwa vaksin sangat aman dan tidak menimbulkan reaksi terhadap tubuhnya. Bahkan 30 menit usai divaksin, dirinya tetap merasa sehat dan bisa melaksanakan aktivitas seperti biasa.

“Gak ada efek apa-apa kok, dan vaksin harus dilakukan sebagai cara kita menjaga diri dan keluarga dari virus Covid-19 ini,” tandasnya. (Mad)

Bagikan Tautan

News Feed