by

Berdayakan Ekonomi Warga, Akademisi UB Malang Kuatkan Kekhasan Kampung Tematik Desa Sumberdem

MALANG NEWS – Selama ini Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang mempunyai kekhasan yakni sebagai Kampung Toga, Kampung KRPL, Kampung Kopi, Kampung Rosella, dan Kampung Ternak.

Penguatan kelembagaan dan pemberdayaan di berbagai bidang dinilai penting, untuk meningkatkan perekonomian warga di tengah pandemi seperti sekarang ini.

“Kami melakukan strategi pengembangan kampung tematik di Desa Sumberdem, dengan pemetaan potensi desa melalui google earth dalam kegiatan FGD, serta penguatan wisata desa (kampung tematik) perspektif base community tourism,” tegas Ketua Tim Akademisi UB Malang, Dr. Ahmad Imron Rozulli, M.Si, pada Jumat (3/9/2021).

“Kami melakukan peningkatan ekonomi lokal yang bersumber dari 5 kampung tematik meliputi Kampung Toga, Kampung KRPL, Kampung Kopi, Kampung Rosella, dan Kampung Ternak,” tukasnya.

Dipaparkannya, penerapan keilmuan Sosiologi berguna dalam membangun mindset warga lokal mencapai kesadaran dan menggerakkan potensi melalui asas kolektifitas warga, dan semangat mengembangkan potensi melalui modal sosial desa.

Diungkapkannya, perihal materi yang diberikan kepada warga berkaitan dengan
1. Strategi pengembangan kampung tematik di Desa Sumberdem.
2. Pemetaan potensi desa melalui Google Earth dalam kegiatan FGD.
3. Penguatan wisata desa dalam perspektif Base Community Tourism.

Sekilas informasi, dalam upaya menguatkan kelembagaan dan mendongkrak perekonomian, Tim Dosen Sosiologi UB (Universitas Brawijaya) Malang melakukan pendampingan di Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, baru-baru ini.

“Tujuan kegiatan dilakukan untuk mendampingi desa dalam mensinkronisasikan perencanaan desa dengan elemen yang terkandung dalam Sustainable Development Goals (SDGs), sehingga mampu mencapai pembangunan desa berkelanjutan yang khas dengan lokalitasnya,” tegas Dr. Ahmad Imron Rozulli, M.Si.

“Target kegiatan ini yaitu terumuskannya perencanaan desa yang sustainable, serta mampu menghidupkan kampung tematik Desa Sumberdem berlandaskan pada penguatan kelembagaan desa,” paparnya.

Dari kegiatan ini melahirkan hasil berupa
a. Sinkronisasi perencanaan Desa Sumberdem 2022 dengan nilai SDGs.
b. Pemulihan ekonomi lokal melalui penataan kelembagaan kampung tematik meliputi Kampung Toga, Kampung Kopi, Kampung Rosella, Kampung KRPL, dan Kampung Ternak.
c. Mengkhaskan lokalitas desa dalam kancah operasionalisasi pembangunan desa.

Diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat untuk penataan dan penguatan kelembagaan kampung tematik Desa Sumberdem, dalam kegiatan pemulihan ekonomi lokal berbasis SDGs.

Sementara itu, Kepala Desa Purwati, SE saat didampingi Sekretaris Desa Hadi Prasytawanto, turut memberikan apresiasi.

“Penerapan ilmu pengetahuan khususnya Sosiologi sangatlah penting, karena metode pendekatan, analisis dan desain perencanaan sosialnya mampu secara signifikan memberikan solusi dalam pembangunan desa secara kontekstual. Di era pandemi tentu pendekatan tersebut menjadi formulasi memulihkan perekonomian lokal,” tukasnya. (Had)

Bagikan Tautan

News Feed