by

Ikuti Giat Sabers Pungli, Dewanti Apresiasi Kali Tematik Sekarputih

Kepala Desa Pendem Tri Wahyuwono Effendi
Kepala Desa Pendem Tri Wahyuwono Effendi, saat memberikan nasi tumpeng kepada Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si. (Yan)

MALANG NEWS – Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si bersama Wakil Wali Kota Batu Ir. H. Punjul Santoso, MM mengikuti kegiatan yang digagas oleh kelompok masyarakat pegiat lingkungan, di Dusun Sekarputih, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Sabtu (12/6/2021).

Kegiatan yang bekerjasama dengan Politeknik Angkatan Darat (Poltekad), Sabers Pungli dan berbagai komunitas ini, adalah untuk mengembalikan fungsi sungai atau kali di wilayah tersebut.

Kedatangan orang nomor satu di Pemerintah Kota Batu tersebut disambut oleh siswa D4 Poltekad, dengan menyuguhkan yel-yel khas TNI.

Kemudian, dilanjutkan dengan senam bersama dan memantau aliran sungai yang beberapa waktu telah disebarkan benih ikan di sungai.

Kemudian, Wali Kota Batu, Wakil Wali Kota dan Komandan Poltekad Brigjen TNI Nugraha Gumilar, melihat senam yoga, sekaligus melihat stan pameran produk daur ulang warga Dusun Sekarputih.

Kegiatan dilanjutkan dengan, penyerahan Surat Keputusan Kelompok Masyarakat oleh Kepala Desa Pendem, dan penyerahan bantuan alat bor tanah untuk lubang biopori oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu.

Kepala Desa Pendem Tri Wahyuwono Effendi mengatakan, bahwa wilayahnya tidak mempunyai sumber air.

“Sebagai wilayah yang paling timur, kami tidak mempunyai sumber. Tetapi, Pendem menjadi lumbung pangan di Kota Batu,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Komandan Poltekad berharap, wilayah ini menjadi salah satu kunjungan liburan.

“Disini ada beberapa tujuan, kali tematik, perpustakaan, senam. Ini menarik, bagi edukasi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si menjelaskan, bahwa, beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan penebaran benih ikan.

“Kota Batu sebagai hulu sungai brantas, nah yang mendapat rejeki Desa Pendem area persawahannya luas, sehingga bisa menjadi lumbung pangan di Kota Batu,” kata Budhe sapaan akrabnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga berharap, kegiatan pelestarian dan pengawasan terhadap kegiatan lingkungan dapat berjalan dengan seimbang.

“Saya berharap, setelah menanam pohon juga diawasi agar bisa tumbuh dengan baik. Seperti yang dilakukan saat ini, adalah apa yang telah kita lakukan beberapa waktu yang lalu,” tandasnya. (Yan)

Bagikan Tautan

News Feed