by

Penanganan Pasca Bencana Gempa di Malang, Ketua Fraksi Nasdem Beri Sorotan

MALANG NEWS – Terkait penanganan pasca bencana gempa di Malang, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Malang sekaligus Sekretaris Komisi III yang membidangi Pembangunan memberikan sorotan.

“Pada rapat kerja terakhir Kami Komisi III dengan BPBD telah disampaikan bahwa telah diajukan 11.000 (baik kerusakan ringan, sedang maupun berat) data dari BPBD untuk diverifikasi oleh Dinas Cipta Karya yang nantinya akan diajukan ke BNPB. Harapannya setelah pengajuan tersebut, program pembangunan pasca bencana untuk rumah terdampak segera terealisasi,” papar Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Malang, Amarta Faza, ST., M.Sos, pada Jumat (4/6/2021).

Pria yang juga Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaen Malang ini melanjutkan bahwa, saat ini masyarakat terdampak sudah banyak yang menanyakan, kapan rumah mereka akan dibangun kembali. Saat Lebaran kemarin, beberapa korban terdampak gempa merayakan Hari Raya di hunian seadanya.

“Ada beberapa hal juga yang perlu diantisipasi BPBD juga, apabila data rumah yang diajukan ternyata telah terbangun saat anggaran turun dari BNPB nanti. Dikhawatirkan, barangkali ada masyarakat yang akhirnya sudah merestorasi sendiri rumahnya melalui bantuan dari saudara maupun donatur,” papar Pasha (panggilan Amarta Faza, ST.,M.Sos) yang juga merupakan Bendahara DPD Partai Nasdem Kabupaten Malang.

Dirinya berharap dan percaya Pemerintah Kabupaten Malang melalui OPD (dinas) terkait, agar dapat segera merealisasikan program restorasi rumah terdampak bencana gempa secepat-cepatnya. Namun memang terdapat tantangan untuk memverifikasi data ajuan yang relatif cukup banyak, sekitar 11.000 data ajuan.

“Kami selaku Anggota DPRD melalui kefungsian kami utamanya terkait pengawasan maupun menyalurkan aspirasi yang ada, turut mengawal agar masyarakat terdampak dapat segera mendapatkan rumahnya kembali dengan layak,” tutup Pasha. (Had)

Bagikan Tautan

News Feed