by

Koramil Turen dan TUBER, Adakan Baksos Peringati Kelahiran Pancasila

MALANG NEWS – Memperingati Hari Kelahiran Pancasila (HKP) Koramil Turen menggelar baksos bersama Komunitas Turen Bersatu (Tuber) di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jumat (4/6/2021).

“Kami mengadakan peringatan Hari Kelahiran Pancasila dengan baksos. Adapun tujuan baksos ini adalah membantu masyarakat yang mengalami kesulitan akibat dampak pandemi dan gempa bumi. Selain itu juga untuk memperkuat hubungan komunikasi antara TNI dan masyarakat,” tegas Danramil Turen, Kapten Arm Sunardi.

Ia mengatakan, tugas TNI bersama seluruh elemen masyarakat adalah menjaga kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah, dan menjaga keselamatan bangsa dari semua hakikat ancaman.

Ancaman yang paling jelas dihadapi masyarakat, adalah dampak pandemi dan terjadinya fenomena alam yang terjadi bulan kemarin yaitu gempa bumi dan ini adalah ancaman.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Komunitas Tuber dengan komunikasi yang baik dengan Koramil 14 Turen. Bisa berbagi informasi demi kemaslahatan masyarakat banyak terutama kepada masyarakat yang betul-betul diperhatikan. Terutama yang terdampak pandemi dan gempa bumi,” jelasnya.

“Dengan adanya fenomena Ini Kami TNI terutama Koramil 14/Turen yang dibawah Kodim 0818 Kabupaten Malang merasa terpanggil untuk membantu sesama,” tegasnya.

“Adapun alasan digelar kegiatan ini adalah Kita sadari bersama bahwa dampak pandemi dan gempa bumi ini sangat mengganggu kepada harkat hidup orang banyak. Sehingga TNI merasa terpanggil untuk membantu masyarakat. Sesuai jatidiri TNI yaitu 8 Wajib TNI. Salah satu poinnya adalah TNI wajib membantu kesulitan rakyat,” tukasnya.

“Tidak hanya tahun ini dan kemarin, tiap hari Kita tetap melaksanakan kegiatan Baksos dengan metode yang lingkupnya lebih kecil yang dilakukan oleh Babinsa selaku Bintara Pembina Desa,” tandasnya.

“Harapan ke depan TNI, adalah agar masyarakat ketika menghadapi situasi yang sulit kebutuhan pokok terutama makan bisa terpenuhi. Tidak mengalami kelaparan. Karena kalau masyarakat kelaparan dimungkinkan akan terjadi konflik dan penjarahan sehingga Stabilitas Nasional terganggu,” tegasnya.

Seperti diketahui, Makoramil 0818/14 Turen dalam melaksanakan agenda Jumat berkah, rutin membagikan paket sembako langsung kepada warga yang  kurang mampu di wilayah Kecamatan Turen, setiap Jumat sebanyak 5-10 paket.

Sebelum penyaluran, dilakukan tahapan pengajuan serta pendampingan. Penyaluran dilakukan bersama sahabat peduli masing-masing desa atau TUBER, didampingi tigapilar plus-plus. Adapun setiap paket berisi 3 kg beras, 8 mie instant, 1 botol minyak goreng dan masker.

Makoramil menyiapkan kurang lebih 54 paket.

“Monggo yang mau suport penambahan paket tersebut untuk Minggu berikutnya, bisa langsung ke Makoramil atau contact Danramil 0818/14 Turen,” pungkasnya. (Had)

Bagikan Tautan

News Feed