Ikuti Kami di Google News

Kasat Samapta Polres Batu AKP Achmad Zainuddin, SH., MM saat tengah melakukan operasi untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung mall. (Foto: Dian/malangNEWS)

MALANG NEWS – Guna mengantisipasi membludaknya pengunjung mall menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Sat Samapta Polres Batu bersama dengan Satpol PP dan Satgas Penegak Protokol Kesehatan Pemkot Batu, turun langsung ke lapangan untuk melakukan operasi ke beberapa mall yang ada di Kota Batu, Rabu (5/5/2021) malam.

Hal ini sengaja dilakukan, untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menimbulkan kluster baru penyebaran Covid-19 di tempat tersebut.

Kasat Samapta Polres Batu AKP Achmad Zainuddin, SH., MM mengatakan, bahwa Polres Batu melalui Sat Samapta melakukan operasi ke beberapa tempat atau pusat perbelanjaan seperti mall, untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pengunjung menjelang lebaran.

“Kami bersama dengan Satgas Penegak Disiplin Protokol Kesehatan Pemkot Batu dan Satpol PP melakukan operasi dengan mengecek secara langsung ke pusat perbelanjaan, seberapa banyak pengunjung mall menjelang lebaran tahun ini,” kata Zainuddin sapaan akrabnya kepada awak media.

Menurut Perwira Polisi ini, hal tersebut dilakukan, untuk mencegah timbulnya kerumunan orang yang berpotensi menimbulkan pesebaran daripada wabah Covid-19.

“Ya, namun dari hasil pemantauan dan pengecekan langsung yang kami lakukan, sementara ini kami melihat untuk jumlah pengunjung di mall masih tergolong relatif normal, yaitu kami perkirakan sekitar 30 persen saja dari kapasitas normal area di lokasi tersebut,” ungkapnya.

Namun demikian, orang nomor satu di jajaran Sat Samapta Polres Batu ini mengaku, bahwa pihaknya tetap melakukan komunikasi dan koordinasi kepada pemilik maupun pengelola mall, untuk membatasi setiap jumlah pengunjung yang datang berbelanja.

“Kami tetap mengkomunikasikan dengan manajemen di tempat perbelanjaan, agar tetap memberikan himbauan tentang pentingnya menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, salah satunya untuk tidak berkerumun di suatu area mall,” tukas dia.

Zainuddin juga mengimbau sekaligus berpesan, kepada setiap pengunjung agar tidak bergerombol serta selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Mari, kita bersama-sama untuk mengantisipasi terjadinya penularan atau mungkin munculnya kluster baru di pusat perbelanjaan, dengan tidak berkerumun dan selalu menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (Dian)

Share: