Ikuti Kami di Google News

Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si secara virtual
Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si, saat tengah mengikuti kegiatan acara Program Sekolah Penggerak secara virtual. (Foto: Diskominfo Pemkot Batu/malangNEWS).
MALANG NEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu memberikan dukungan dan komitmen terhadap peluncuran program sekolah penggerak, yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Anwar Makarim.


Kegiatan acara yang digelar secara virtual itu, turut dihadiri oleh Sekretaris Jendral Kemendagri, Ketua Komisi X DPR RI, Sekjen Kemendikbud, Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan, Gubernur, Bupati dan Wali Kota di seluruh Indonesia.

Dukungan tersebut, dibuktikan dengen turut hadirnya Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si secara virtual yang bertempat di Ruang Command Center, Balaikota Among Tani, Pemkot Batu, Senin (1/2/2021) siang.

Acara yang mengusung tema “Merdeka Belajar Episode 7 Sekolah Penggerak” tersebut, dibuka dengan paparan yang diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim.

Dalam pemaparannya, Kemendikbud RI Nadiem Anwar Makarim menjelaskan, jika sekolah penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang terdiri dari dua hal.

“Yakni sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila dan diawali dengan SDM yang unggul terutama kepala sekolah dan guru,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem juga memaparkan, bahwa program ini merupakan program kolaborasi antara Kemendikbud dengan Pemda, yang mana komitmen Pemda menjadi kunci utama.

“UPT Kemendikbud di masing-masing provinsi akan memberikan pendampingan Pemda selama implementasi sekolah penggerak, seperti fasilitas pemda dalam sosialisasi, serta solusi terhadap kendala yang ada di lapangan,” ujarnya.

Nadiem juga menekankan, jika sekolah Penggerak bukanlah sekolah unggulan saja, tapi setiap sekolah yang ada di Indonesia yang mau untuk melakukan sistem pembelajaran, dengan paradigma baru yang mampu mempercepat peningkatan pendidikan di daerah.

“Dengan adanya sekolah penggerak, maka pembelajaran akan lebih bermakna dan sesuai dengan perkembangan zaman,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si mengaku sangat mendukung sekali Program Sekolah Penggerak yang digagas oleh Kemendikbud RI.

“Pasti saya mendukung sekali, karena sekolah penggerak untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia, yakni sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik,” tandasnya.



Pewarta: Eko Sabdianto
Editor: Andi Rachmanto
Publisher: Edius

Share: