Ikuti Kami di Google News

Belasan wartawan yang tergabung di Pokja Jurnalis Polres Batu, menjalani tes urine.
Belasan wartawan yang tergabung di Pokja Jurnalis Polres Batu, saat tengah menjalani tes urine. (Foto: Eko Sabdianto/malangNEWS).
MALANG NEWS – Belasan wartawan yang tergabung di Pokja Jurnalis Polres Batu, menjalani tes urine. Hal itu dilakukan, dalam rangka mengantisipasi peredaran, penggunaan dan penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat, tak hanya berlaku di pemerintahan, anggota Polri, dan TNI saja. Namun, wartawan pun juga mendapat jatah giliran.


Karena diharapkan, agar wartawan dapat memberikan contoh dan suri tauladan yang baik kepada masyarakat, khususnya dalam memerangi bahaya peredaran narkoba.

Giat tersebut dilaksanakan oleh Satresnarkoba Polres Batu di Mapolres Batu, Jalan AP III Katjoeng Permadi, Kecamatan Junrejo, Kota Batu ini, pada Selasa (29/12/2020).

Kasatresnarkoba Polres Batu Iptu Yussi Purwanto, SH., MH menjelaskan, tes urine ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa para wartawan membantu pihak kepolisian dan BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Batu, dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. 

“Kami juga meminta kepada rekan-rekan wartawan, untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat, terkait bahaya penggunaan narkoba dengan cara mengikuti tes urine,” terang Yussi sapaan akrabnya, saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan.

Perwira Polisi ini menambahkan, dengan tes urine tersebut, diyakini bakal berdampak positif kepada masyarakat Kota Batu.

“Belasan wartawan baik dari media televisi, online, dan media cetak kami fasilitasi mengikuti tes urine di Polres Batu. Tim penguji urine dari Satresnarkoba Dokpol Polres Batu, juga kami libatkan untuk membantu pada pengecekan tersebut. Wartawan saja tes urine, apalagi orang-orang yang diduga memakai narkoba,” tegas dia.

Dirinya juga memastikan, bahwa hasil tes urine kali ini belasan wartawan itu hasilnya semua negatif.

“Kami sudah sering menggelar tes urine untuk anggota (Polri). Tapi kesempatan ini waktunya Pokja Jurnalis Polres Batu untuk mengikuti tes. Hasilnya, cukup melegakan. Total 17 jurnalis yang biasa mencari berita di Polres Batu hasilnya negatif,” ungkap dia.

Kasatresnarkoba
Kasatresnarkoba Polres Batu Iptu Yussi Purwanto, SH., MH saat diwawancarai awak media, di sela-sela kegiatan.
Menurutnya, apabila hasil dari tes urine tersebut ada yang positif narkoba, maka akan tetap dilakukan proses hukum yang berlaku.

“Namun hasil tes urine hari ini negatif semua, dan saya yakin pasti rekan-rekan wartawan tidak ada yang menggunakan.
Jadi, tidak ada satupun yang terdeteksi memakai narkoba. Bisa dilihat dari hasil yang ada, menunjukkan bahwa semua wartawan negatif narkoba,” ungkapnya lagi.

Bakal Gelar Operasi Narkoba

Nantinya, lanjut Yussi, tes urine juga bakal menyasar pada penginapan seperti villa dan hotel, juga terutama ke tempat-tempat hiburan malam karaoke di Kota Batu.

“Kurang beberapa hari lagi sudah Tahun Baru 2021, malam pergantian tahun kami (Polres Batu) bakal menggelar operasi ke sejumlah tempat-tempat hiburan malam.

“Tujuannya agar Kota Batu tetap kondusif, bebas dari peredaran narkoba. Pelaksanaan nantinya, kita persiapkan dari kesehatan dan BNN untuk melakukan tes urine. Apabila ada yang positif narkoba, maka konsekwensinya akan kami proses sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya.

Pewarta: Eko Sabdianto
Editor: Andi Rachmanto
Publisher: Edius

Share: