Ikuti Kami di Google News

live IG mampu memberikan Psikoedukasi secara serentak dihari yang sama dengan menjaga kode etik Psikologi,
Live IG Himpsi Malang, yang memberikan Psikoedukasi secara serentak dengan menjaga kode etik Psikologi. (Foto by: Instagram Himpsi Malang).
MALANG NEWS – Himpsi (Himpunan Psikologi) Cabang Malang mengadakan 1.000 Live IG yang dibawakan oleh para Relawan Psikolog, Ilmuwan Psikologi dan Mahasiswa se-Malang Raya.


Kegiatan ini merupakan puncak dari Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) Tahun 2020, yang diadakan oleh Himpsi Malang yang sebelumnya telah dilaksanakan proses Bimtek dan seleksi administrasi, serta teknis kepada para relawan.

Dimana para relawan diarahkan melalui tiga saluran zoom meeting, dan dihadiri 1000 relawan.

Harapannya, dalam pelaksanaan live IG mampu memberikan Psikoedukasi secara serentak dihari yang sama dengan menjaga kode etik Psikologi, menguasai teknis dalam pengoperasian aplikasi Instagram, dan terpenuhinya beberapa form pernyataan kesediaan.

Himpsi Cabang Malang pada HKJS tahun ini, mengusung tema “Sehat Jiwa Raga – Ayo Bahagia”, dengan harapan terciptanya ketahanan jiwa bagi masyarakat di masa pandemi, sehingga produktifitas tetap berjalan normal.

Tema tersebut tertuang dalam Live 1000 IG, dimana para peserta juga diberi batasan tema, sehingga tetap mengandung ruh dari tema utamanya.

Live IG ini dapat diakses melalui akun instagram @himpsimalang tanggal 31 Oktober 2020 mulai pukul 07.00 WIB, sampai dengan 20.00 WIB. Uniknya, dalam Live IG ini pengunjung @himpsimalang dapat melihat dan memilih jadwal dan pembicara yang diinginkan dengan melihat Flyer Template, yang telah ditampilkan pada story instagram Himpsi Malang.

Masyarakat umum, dapat mengaksesnya melalui akun @himpsimalang dan menyimak psikoedukasi secara langsung, sekaligus juga mengenal lebih dekat para narasumber.

Live IG ini selain di bawakan oleh Psikolog dan Ilmuwan Psikologi, juga menyerap peserta dari kalangan mahasiswa di Malang Raya, diantaranya Fakultas Psikologi dari Univeristas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Merdeka Malang, Universitas Kanjuruhan, Universitas Wisnuwardhana, Universitas Gajayana, dan Universitas Islam Raden Rahmat

Muis Andika, S.Psi, MM, selaku Ketua Panitia menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan puncak acara peringatan HKJS 2020 di Himpsi Malang, yang sebelumnya di lakukan rekruitmen bimbingan teknis serta kegiatan psikoedukasi melalui platfom IG Live.

“Yang terlibat selain ilmuwan dan mahasiswa psikolog, mereka para psikolog yang menggeluti banyak bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan seni budaya,” kata Andika kepada awak media, Sabtu (31/10/2020).

Menurutnya, kegiatan psikoedukasi di kontekstualkan dengan keadaan yang sebenarnya.

“Semua turun gunung dan berharap, agar suapaya psikologi mampu membawa perubahan dan tatanan mental,” ungkap dia.

Dalam pembukaan acara di IG Live, Ketua Himpsi Malang M. Salis Yuniardi, M.Psi., PhD., Psikolog menyampaikan, soal kesehatan mental sering diabaikan oleh masyarakat.

“Sebenarnya kesehatan mental dan kesehatan fisik sama-sama penting, oleh karena itu Himpsi Malang berkepentingan untuk mempromosikan kesehatan mental, agar masyarakat siap menghadapi tantangan kehidupan terlebih di masa pandemi Covid seperti ini,” tukasnya.

Salis Yuniardi berharap, berdampak terhadap perubahan sikap dan prilaku masyarakat yag beradaptasi dengan era new normal.

“Ya, karena tantangannya sangat berbeda,” tukas Salis Yuniardi, yang juga merupakan Dekan Psikologi UMM ini.

Senada juga disampaikan oleh Isa Wahyudi, Psikolog dan seorang budayawan yang akrab di sapa Ki Demang.
Tema-tema yang diangkat relawan menarik mulai dari strategi mengelola stress, cara belajar cerdas, tentang komunikasi dan hubungan harmonis, kiat mengatasi kecemasan yang semua berkaitan dengan kesehatan jiwa dan ajakan ayo bahagia.

“Gerakan ago bahagia ini menggema dimana-mana, karena bahagia tujuan hidup kita semua dan pasti meningkatkan sehat jiwa dan raga,” ujarnya.

Ditambahkan dia, dalam prakteknya, Psikoedukasi melalui medsos IG Live ini menarik dan bisa dilakukan dimana saja, dan dengan siapa saja.

“Yang penting tujuannya pemecahan masalah bagi masyarakat atau komunitas yang mau diajak bahagia,” tandas Ki Demang yang juga merupakan wakil Ketua Himpsi Malang, yang terlibat melakukan gerakan psikoedukasi Sehat Jiwa Sehat Raga, Ayo Bahagia.

Pewarta: Decky Rachmanda
Editor: Eko Sabdianto
Publisher: Edius

Share: