Ikuti Kami di Google News

Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur Sri Untari Bisowarno, menyarankan Balai Latihan Kerja (BLK) Wonojati di Singosari
Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur Sri Untari Bisowarno, dalam kunjungan kerjanya ke Balai Latihan Kerja (BLK) Wonojati di Singosari, Kabupaten Malang. (Foto: Andi Rachmanto/malangNEWS).
MALANG NEWS – Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur Sri Untari Bisowarno, menyarankan Balai Latihan Kerja (BLK) Wonojati di Singosari, Kabupaten Malang, bersinergi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk menangani korban PHK dampak dari Covid-19.


“Saran saya adalah bersinergi, dengan cara ini, banyak yang bisa dilakukan. Dengan memanfaatkan Corporate Sosial Responbility (CSR), perusahan,” kata Sri Untari, ketika melakukan kunjungan dan sekaligus meninjau BLK Wonojati Senin (15/6/2020).

Sri Untari mengatakan, BLK Wonojati di Singosari ini, fokus pada tanaman agrobis dan  pengolahan tanaman pangan. Yang menjadi keluhan BLK adalah persoalan anggaran untuk pelatihan.

“Karena seluruh anggaran saat ini dikonsentrasikan untuk recovery Covid-19. Anggaran sebesar Rp 2,6 T, semuanya terkonsentrasi untuk pandemi,” tuturnya.

Maka dari itu, Sri Untari Bisowarno menyarankan untuk bekerjasama dengan BUMD menjadi sebuah keharusan. Cara ini, diyakini bisa menyelesaikan persoalan pelatihan di BLK.

“Solusinya adalah, memanfaatkan CSR perusahaan, sehingga program-program yang sudah dirancang, bisa tetap berjalan, sesuai dengan protokol kesehatan,” kata politisi PDI Perjuangan tersebut.

Menurutnya, pelatihan tetap harus dilakukan tetapi meminimalisir adanya kontak fisik. Tetapi sebenarnya bagi BLK tidak ada masalah karena, sudah memiliki Mobil Trining Unit (MTU) untuk training onthe spot.

MTU ini bisa datang ke peserta sehingga para peserta tidak harus datang ke BLK. Ia berharap, MTU menjadi solusi pelatihan bagi masyarakat  disaat pendemi Covid 19.

“Nah harus dikembangkan dengan cara melibatkan peranan CSR  dari perusahaan. Apabila angaran tidak mencukupi. Sekaligus MTU ini akan menjawab recoveri Covid 19 dari urusan ekonomi,” tegas Sri Untari yang meminta BLK Wonojati, bisa kembali menyusun progam yang taktis terutama pelatihan dan diimplememtasikan untuk mengatasi masalah PHK.

Pewarta: Andi Rachmanto
Editor: Eko Sabdianto
Publisher: Edius

Share: